Kamis, 29 Maret 2012

Cara Daftar Search Engine Bing Yahoo Google

caraa daftar yahoo bing google
Gudangilmu blog:  Seperti disebutkan sebelumnya bahwa daftar ke berbagai search engine itu sangat penting, karena tak di sangkal bahwa salah satu tujuan membuat blog adalah untuk bisa dengan mudah diakses oleh orang lain.

Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak tidaklah mudah, kita mesti rajin mempromosikan blog kita, cara yang biasa dilakukan untuk mempromosikan blog bisa dengan blogwalking atau mengunjungi blog orang lain, mendaftarkan blog kita ke berbagai direktori dan tentu saja yang utama adalah mendaftarkan blog kita pada berbagai mesin pencari.

Mendaftarkan blog kepada mesin pencari bisa dilakukan dengan cara Auto submission dengan bantuan situs penyedia layanan auto submission seperti telah di ulas sebelumnya dalam Daftar Search Engine Auto Submission. Tidak semua kita dapat mendaftarkan blog kita pada mesin pencari dengan cara auto submission, ada beberapa diantaranya kita mesti mendaftar secara manual seperti Yahoo dan Bing, untuk pengguna Blogger dari Google sudah secara otomatis terdaftar pada Google search engine. Sungguh disayangkan bila kita tidak mendaftarkan blog kita pada search engine, terutama ketiga search engine besar tersebut. Bagi yang belum mendaftarkan blog kalian pada ketiga search engine tersebut dan bagaimana kita cara mendaftarnya, serta kemana, silahkan klik link dibawah ini untuk mendaftarkannya.





1. Yahoo Site Explorer Telah Tutup?

site explorer yahoo tutupSituseo Blog : Apakah benar Yahoo site explorer ditutup? begitu banyak berita yang menyatakan bahwa site explorer yahoo ditutup, setelah saya cek langsung ternyata benar adanya, yahoo site explorer telah tutup, sebagai penggantinya adalah Bing Webmaster Tools dari Microsoft.

Dalam situsnya pihak yahoo menyatakan, dengan selesainya transisi algoritma untuk Bing, Yahoo search site explorer telah bergabung dengan Bing Webmaster Tools dan menghimbau kepada para webmaster untuk menggunakan Bing webmaster tools untuk mendapatakan lalu lintas pengunjung dari Bing dan Yahoo.

Sejak akhir tahun lalu pihak Yahoo telah merencanakan untuk menutup site explorernya dan sejak pertengahan agustus 2011 Bing webmaster tools telah mengintegrasi lalu lintas data dari yahoo kedalam laporannya, walaupun yahoo site explore akan ditutup tapi pihak yahoo sampai hari ini masih menerima pengiriman sitemap dari para webmaster untuk mendapatkan hasil data yang lebih relevan. (dikutip dari http://www.ysearchblog.com/2011/09/14/site-explorer-transition-to-bing-webmaster-tools/)

Semoga dengan bergabungnya yahoo kedalam Bing webmaster tools yang notabene merupakan milik Microsoft bisa menjadikan search engine tersebut menjadi lebih besar dan menjadi pesaing utama Google.

Untuk yang belum mendaftarkan blognya ke Bing webmaster tools, kalian bisa mendapatkan infonya melalui link tersebut.

Semoga bermanfaat,
2. Cara Daftar Bing
Silahkan klik link ini https://ssl.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx atau http://www.bing.com/toolbox/webmaster untuk daftar search engine bing, setelah terbuka masuk dengan menggunakan Windows Live ID, bila belum punya akun windows live, kalian bisa langsung membuat akun tersebut. Setelah selesai :

  • Masuk dengan menggunakan windows live ID
  • Klik Add Site
  • Masukan alamat url blog kalian - Submit
  • Pilih jenis verifikasi yang akan dipergunakan, sebagai contoh yang paling mudah pilih option 2, yaitu dengan memasukan kode verifikasi meta yang diberikan oleh pihak Bing.
Contoh kode verifikasi :
<meta name="msvalidate.01" content="544JH66H454673457LK7437465HK" />
letakan kode tersebut dibawah kode <head>
  • Save template dan lakukan verifikasi dengan meng-klik Verify
3. Cara Daftar Google
Untuk pengguna Blogger dari Google sudah otomatis terdaftar pada search engine google, bila penasaran kalian bisa klik link ini untuk memastikannya https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en apakah sudah terdaftar blog kalian? bila ternyata belum kalian bisa klik link ini http://www.google.com/addurl/ untuk mendaftarkannya.

Setelah melakukan pendaftaran tidak akan langsung terindex blog kita pada mesin pencari, akan memerlukan waktu untuk bisa terindex pada mesin pencari 1 atau 2 hari atau mungkin 2 atau 3 minggu, berdoalah semoga cepat terindex.

Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar