Kamis, 29 Maret 2012

Cara Menyembunyikan Footer Pada Blog

Mendesain template blog kita adalah bagian dari sebuah seni. Selain itu, mendesain template juga dipengaruhi oleh selera individu.


Mendesain template blog sama halnya dengan mendesain sebuah rumah. Baik buruknya tampilan rumah dan template blog tergantung pada cita rasa seni dan selera kita masing-masing. Ada arsitek yang beranggapan rumah dengan eksterior minimalis itu bagus. Tetapi, ada juga yang tidak sependapat dan cenderung lebih suka dengan gaya modern.


Begitu juga dengan template blog. Ada blogger yang suka dengan tampilan footer pada templatenya, tetapi ada juga yang tidak suka dengan tampilan footer. Footer merupakan elemen dari sebuah template blog yang letaknya di bagian paling bawah. Biasanya terdiri dari satu, dua, tiga, hingga empat kolom.

Nah, bagi kita yang tidak suka adanya tampilan footer padahal blog kita saat ini ada tampilan footernya, kita dapat menghilangkannya dengan cara penambahan sedikit kode HTML pada edit HTML template kita.

Cara untuk menyembunyikan footer pada blog milik kita dapat kita lihat sebagai berikut:

Pertama, masuk ke dalam akun blogger kita masing-masing.
Klik rancangan.
Klik edit HTML.
Klik/centang expand template widget.
Cari kode berikut.

]]></b:skin>

Setelah itu, tambahkan kode ini tepat di atasnya.

.footer-outer{display:none;}

Klik simpan dan selesai.

Keterangan:

  1. Tekan tombol Ctrl+F pada keyboard untuk mempermudah pencarian kode HTML yang kita inginkan.
  2. Download template blog terlebih dahulu sebagai backup apabila kita mengalami kegagalan saat proses editing berlangsung.
  3. Cara ini tidak menghapus kolom pada footer, tetapi menyembunyikan tampilannya pada halaman blog.


Penyebab tidak disukainya adanya tampilan kolom footer pada blog kita ada beragam. Mungkin bisa disebabkan karena selera individu itu sendiri, tampilan footer yang tidak sinkron dengan template secara keseluruhan, footer tidak lagi dibutuhkan karena semua pernak-pernik blog yang digunakan sudah ditampung dalam sidebar, dan alasan lainnya.

Sebenarnya tanpa menghapus kolom footer itu sendiri juga footer tidak akan muncul pada tampilan desain blog saat dibuka di browser asal kita tidak menempatkan widget dalam footer tersebut. Akan tetapi, kadang juga ada template yang masih meninggalkan frame dari footer meskipun sebenarnya footer tersebut tidak diisi oleh widget sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar